Cara Menghilangkan Bekas Luka Jerawat

Cara Menghilangkan Bekas Luka Jerawat - Jerawat merupakan timbulnya kantung nanah yang meradang diakibatkan tersumbatnya pori-pori pada kulit. Biasanya jerawat akan menimbulkan bekas yang sukar untuk dihilangkan. Bekas luka jerawat sangatlah mengganggu penampilan dan secara otomatis akanmengurangi rasa percaya diri. Apalagi saat berada di tempat keramaian.
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Berbagai cara telah dilakukan, namun tetap saja hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Menghilangkan luka bekas jerawat memang memerlukan waktu yang cukup lama, apalagi kebanyakan orang lebih memilih cara yang instan yang sudah dipastikanmenimbulkan efek samping (ketergantungan). Bukannya cepat hilang malah semakin lama. Namun jangan khawatir masih ada cara alami yang terbukti mampu menghilangkan bekas luka jerawat dengan cepat. Menurut kebanyakan orang yang mengalami masalah pada kulit, ternyata cara ini memang lebih ampuh dibandingkan cara lainnya. Berikut merupakan cara cepat menghilangkan bekas luka jerawa dengan cara alami.

Menghilangkan Bekas Luka Jerawat Menggunakan Daun Teh Hijau.
Bagi kebanyakan orang mungkin belum tahu bahwa teh hijau mempunyai khasiat yang baikuntuk kulit. Dikutip dariberbagai sumber, ternyata memang benar teh hijau dapatmengatasi masalah pada kulit seperti timbulnya jerawat, kulit berminyak, bahkan bisamelembabkan dan menghindari kulit kering.
Untuk mengatasi masalah jerawat, Anda dapat mencobanya dengan mengompres jerawat dengan daun teh yang dicampur dengan putih telur. Sedangkan untuk kulit berminyak Anda dapat melakukannya dengan menuangkan teh hijau pada cetakan es, lalu simpan ke dalam lemari es. Kemudian usapkan teh beku tersebut pada daerah wajah dan biarkan hingga mengering. Lakukan setiap hari secara perlahan dan merata.
Untuk melembabkan kulit dan agar kulit tidak kering, Anda dapat mengatasinya dengan cara membuat masker teh dengan campuran oatmela dan lemon. Yaitu dengan cara mencampurkan beberapa sendok air teh dengan beberapa tetes jeruk lemon ke dalam 3 sendok oatmeal. Setelah itu usapkan ke seluruh bagian wajah dan dipijat ringan dengan gerakan memutar. Kemudian diamkan selama 15 menit, lalu basuh dengan air dingin.

Menghilangkan Bekas Luka Jerawat Menggunakan Madu
Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, madu juga bersifat antibakteri sehingga dapat bermanfaat untuk mengatasimasalah pada kulit. Mungkin cara ini cara yang termudah dibandingkan dengan cara-cara yang lainnya. Yaitu dengan cara mengoleskan madu pada daerah sekitar bekas jerawat, lalu pijat selama beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukanlah setiap hari secara rutin hingga bekas luka memudar dan hilang.

Menghilangkan Bekas Luka Jerawat Menggunakan Tomat
vitamin A yang terkandung dalam tomat berfunsi untuk merangsang produksi kolagen, sehingga dapat menyembuhkan kulit dari bekas jerawat. Caranya dengan mengiris tomat dan menempelkan pada bekas jerawat tersebut. Lakukan cara ini minimal 2 kali sehari.

Menghilangkan Bekas Luka Jerawat Menggunakan Mentimun.
Mentimun juga diklaim ampuh mengatasi bekas luka jerawat pada kulit. Caranya juga sangat mudah yaitu dengan menghancurkan mentimun hingga berbentuk seperti pasta, kemudian letakkan mentimun tadi pada bekas luka jerawat. Lakukanlah setiap malam setiap sebelum tidur secara teratur hingga bekas luka menghilang sedikit demi sedikit.

Menghilangkan Bekas Luka Jerawat Menggunakan Jeruk Nipis.
Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin yang dapat menghilangkan bekas luka jerawat pada kulit. Caranya hanya dengan mengambil 1 buah jeruk nipis, lalu belahlah menjadi beberapa bagian, kemudian oleskan pada bagian bekas luka jerawat. Untuk yang baru pertama kali mencobanya, pemakaian jeruk nipis ini akan terasa sedikit perih, namun jangan khawatir karena hal tersebut merupakan proses untuk menghilangkan noda hitam di kulit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat.

Menghilangkan Bekas Luka Jerawat Menggunakan Buah Pepaya.
Buah pepaya mengandung papain yaitu sejenis enzim yang dapat mengurangi peradangan pada kulit. Konsumsi secara langsung atau dengan menggunakan masker yang dapat menghilangkan bekas jerawat. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan pepaya yang telah dihaluskan terlebih dahulu pada daerah wajah hingga mengering, lalu biarkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Setelah Anda mengetahui cara cepat menghilangkan jerawat dengan cara alami, berikut ada informasi terbaru yang masih berkaitan dengan masalah pada kulit sekaligus menjadi informasi tambahan buat Anda. Cara mengatasi jerawat agar tidak berbekas.  Semoga bermanfaat.

Bersihkan wajah dengan rutin. Untuk mencegah agar jerawat tidak berbekas, sebaiknya mulai dari sekarang biasakanlah untuk membersihkan dan mencuci wajah. Karena air dapat membantu menjaga kelembapan kulit untuk proses regenerasi pada kulit wajah.

Jangan Memencet Jerawat. Jika memecahkan jerawat akan menimbulkan bekas hitam pada kulit. Selain itu getah dari pecahan jerawat pada umumnya mengandung bakteri yang dapat mengakibatkan bagian lain yang terkena getah jerawat tersebut akan menjadikan jerawat muncul kembali pada tempat yang lain.

Hindari Sinar Matahari Secara Langsung. Sebaiknya hindarilah terkena sinar matahari secara langsung, karena sinar UV yang berlebih akan berdampak langsung pada kulit yang baru sembuh dari jerawat. Hal tersebut dikarenakan jaringan kulit akibat jerawat yang terbentuk masih tipis dan sangat rawan jika terkana sinar UV.