Cara Menghilangkan Ketombe Bandel

Cara Menghilangkan Ketombe Bandel - Rambut merupakan bagian tubuh yang terletak di atas kepala atau biasa disebut mahkota bagi setiap orang. Lazimnya rambut berwarna hitam, namun ada juga rambut berwarna perang terutamanya pada mereka yang tinggal di Barat. Terlepas dari itu, ada fakta unik yang terdapat pada rambut, yaitu tidak dapat digunakan untuk mendeteksi jenis kelamin seseorang.

Memiliki rambut sehat dan indah memang dambaan bagi setiap orang. Beragam cara dan metode banyak dilakukan demi mendapatkan rambut idaman mulai dari metode alami yang butuh kesabaran dan konsistensi dalam melakukannya. Namun metode ini lebih aman dibandingkan metode yang tidak alami yang memang mungkin hasil yang didapat jauh lebih cepat. Metode yang tidak alami ini menggunakan bahan-bahan kimia yang sebenarnya membahayakan kesehatan rambut. Mulanya mungkin rambut terlihat bagus, namun kalau tidak diimbangi dengan perawatan ekstra, rambut bisa jadi rontok, banyak ketombe, kering, patah-patah, bercabang. Nah, untuk Anda yang mengalami rambut banyak ketombe, berikut terdapat beberapa cara menghilangkan ketombe bandel. Semoga bermanfaat.

Menghilangkan Ketombe Dengan Lemon
Buah Lemon

Lemon merupakan salah satu bahan alami untuk mengatasi masalah ketombe. dan dapat membuat rambut Anda lebih bersih dan segar. Keasaman dalam perasan lemon mengandung asam yang dapat membantu memecah jamur yang sering menjadi penyebab ketombe.
Caranya:
Siapkan bahan :
2 Sendok makan jus lemon segar dan 1 sendok teh jus lemon segar
1 Cangkir air

Cara Meracik :
Pijat 2 sendok makan jus lemon ke kulit kepala Anda dan biarkan selama satu menit. Campur 1 sendok teh jus lemon ke 1 cangkir air dan bilas rambut Anda dengan itu.

Menghilangkan Ketombe Dengan Aloe Vera (Daun Lidah Buaya)
Daun Lidah Buaya

Aloe Vera gel ini merupakan salah satu bahan alami yang juga dapat mengatasi masalah ketombe. Ia bekerja karena konstituennya menghambat proses proliferasi sel kulit atau dapat mengatur seberapa cepat sel-sel Anda tumbuh, dan karena ketombe sering disebabkan oleh sel-sel tumbuh dan mati terlalu cepat, aloe vera dapat membantu mengembalikan mereka ke keadaan normal.
Caranya :
Siapkan bahan :
-Beberapa lembar Daun Aloe Vera

Cara Membuat :
Terapkan gel Aloe Vera untuk kulit kepala selama 15 menit sebelum mencuci rambut Anda. Setelah 15 menit, cuci dengan shampo seperti biasa.

Menghilangkan Ketombe Dengan Makan Makanan Sehat
Makan sehat membantu setiap aspek kesehatan Anda. Tak heran bahwa hal itu akan memiliki dampak pada kondisi kulit, termasuk masalah ketombe. Selain dapat menghilangkan ketombe, makan makanan sehat juga dapat membantu mencerahkan wajah.

Caranya :
Sayuran:
Sayuran berdaun hijau sangat bagus untuk kesehatan rambut, kulit, dan kuku.

Protein:
Untuk meminimalkan ketombe, cobalah makan lebih banyak protein. Makanlah ikan dan daging non-protein, seperti telur dan kacang-kacangan.

Minyak Ikan:
Suplemen minyak ikan tidak akan menyembuhkan ketombe Anda, tetapi dapat membantu mengurangi keparahan atau mencegahnya.

Menghilangkan Ketombe Dengan Fenugreek
Fenugreek adalah tanaman yang umum digunakan untuk bumbu masakan, terutama dalam masakan India, namun juga dapat digunakan dalam pengobatan. Biji fenugreek memiliki komposisi yang kaya protein dan asam amino, yang dapat mendorong agar rambut menjadi sehat, halus dan lembut.
Caranya :
Siapkan bahan :
- 2 Sendok makan biji Fenugreek
- Semangkuk air
- Sesuatu untuk menggiling biji

Cara Membuat :
Rendam benih dalam 1-2 gelas air semalam. Esok paginya, giling menjadi pasta halus dan oleskan untuk kulit kepala Anda. Biarkan selama 30-45 menit, lalu bersihkan dengan sampo atau air.

Menghilangkan Ketombe Dengan Daun Neem
Apa itu Daun Neem? Daun Neem yang juga ramuan India yang dapat menjadi obat alami untuk mengatasi ketombe. Sifatnya tidak hanya mengurangi rasa gatal, daun neem juga dapat berfungsi sebagai antifungal, menghambat pertumbuhan jamur berlebihan yang dapat menyebabkan ketombe.
Caranya :
Siapkan bahan :
- Setidaknya 2 genggam daun neem
- 4-5 cangkir air hangat

Cara Membuat :
Tambahkan dua genggam daun neem sampai dengan 4 atau 5 cangkir air panas. Diamkan semalam. Esok paginya saring cairan dan gunakan untuk membilas rambut Anda.

Mengilangkan Ketombe Dengan Cuka
Membilas rambut dengan cuka mungkin terdengar janggal, namun sebenarnya cuka bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk menghilangkan ketombe karena sebenarnya yang bermasalah adalah kulitnya (bukan rambutnya). Cuka akan menyingkirkan kulit yang tidak diinginkan yang akan mengelupas menjadi ketombe, dan tidak akan menyumbat pori-pori atau menyebabkan lebih banyak ketombe setelah dibersihkan. Tapi jangan memakai cara ini saat Anda akan keluar rumah karena rambut Anda akan berbau seperti cuka sampai Anda mandi lagi.
Caranya :
Siapkan bahan :
-1 / 2 cangkir air hangat
-1 / 2 cangkir cuka apel
- Cangkir

Cara Membuat :
Campur air hangat dan cuka dalam cangkir. Jumlah total dapat bervariasi untuk menjadi lebih atau kurang tergantung pada berapa banyak rambut yang Anda miliki. Tuang campuran keatas rambut Anda, gosok dengan lembut di sekitar selama beberapa menit, dan kemudian bilas secara menyeluruh dengan air (hanya air!) Tunggu sekitar 8-12 jam sebelum mengambil mandi normal.

Menghilangkan Ketombe Dengan Tea Tree Oil
Tea Tree Oil adalah minyak esensial yang dihasilkan dari destilasi tanaman khas Australia Melaleuca alternifolia (khas di Australia). Minyak yang diekstrak dari daun ini memiliki sifat fungisida dan itu secara keseluruhan menenangkan kulit terutama bila sakit atau gatal. Caranya :
Siapkan bahan :
-1 Sendok makan tea tree oil
-1 Cangkir air hangat
-Sebuah botol semprot

Cara Membuat:
Tuangkan 1 sendok makan tea tree oil ke 1 cangkir air hangat dalam botol semprot. Kocok dengan baik. Setelah keramas, semprotkan campuran seluruh kulit kepala, pijat, dan biarkan selama beberapa menit.

Terlepas dari cara apapun yang kita pilih untuk menghilangkan ketombe, Ada beberapa hal dasar yang perlu lakukan untuk menjadikan rambut Anda tetap indah:

Bersihkan Rambut Secara Teratur. Kebersihan rambut bisa membantu lancarnya sirkulasi darah pada kulit kepala. Rambut yang bersih juga membantu mengurangi stres dan membantu jaringan metabolisme agar tetap tumbuh dan berkembang secara normal.

Pilih Shampo Yang Tepat. Disarankan membeli sampo berkualitas baik yang mampu menghilangkan minyak, ketombe, dan gampang disisir, serta tidak mudah kusut.

Gunakan sisir yang bergigi renggang. Kesehatan rambut erat kaitannya dengan pemilihan sisir yang tepat. Sisir yang kurang baik akan mudah menyebabkan rambut rusak atau rontok. Hindari membeli sisir berbahan nilon karena berisiko menyebabkan rambut mudah patah. Meskipun terlihat gaya, sisir berbahan metal juga dapat merusak rambut. Jangan lupa, bersihkan sisir dari sisa rambut yang tersangkut. Cuci dengan air hangat hingga bersih.

Gunting rambut secara teratur. Selain untuk menjaga penampilan, memotong rambut juga berguna agar ujung-ujung rambut tetap sehat, tidak bercabang, mudah patah, atau kering.

Hati-hati saat Mengeringkan. Mengeringkan dengan handuk bisa jadi penyebab kerusakan rambut. Menggosok rambut basah dengan handuk membuat helai-helai rambut kusut dan mudah terjerat pada benang-benang di handuk, sehingga tertarik dan mudah putus, rusak pada kutikula, dan ujung rambut terbelah. Jadi, tepuk-tepuk saja rambut basah dengan handuk, lalu diurut sesuai arah pertumbuhan rambut.